Selasa, 19 Juni 2012

Apple Luncurkan Buku Pelajaran Elektronik untuk iPad

Apple Luncurkan Buku Pelajaran Elektronik untuk iPad
Rencana Apple untuk membuat iPad menjadi pengganti textbook mulai dilaksanakan. Baru-baru ini, raksasa elektronik berlogo apel tersebut meluncurkan buku standar SMA versi elektronik.
 
1

Buku elektronik tersebut, di antaranya adalah Biology dan Environmental Science dari Pearson, serta Algebra-1 dan Chemistry dari McGraw-Hill, mengadopsi fitur video dan unsur-unsur interaktif lain. Demikian dilansir Associated Press, Senin (23/1/2012).

Meskipun usaha untuk mereformasi textbook sudah  mulai dijalankan, kemungkinan sukses rencana ini masih belum terlihat. Buku cetak yang selama ini digunakan dalam pelajaran dibeli oleh pihak sekolah dan digunakan ulang setiap tahun, namun hal seperti itu tidak mungkin dilakukan pada buku elektronik.

Banyak penerbit buku besar yang telah membuat versi elektronik produk mereka. Namun, alat yang dapat digunakan untuk membacanya baru mulai hadir belakangan ini. PC terlalu mahal dan rumit, sedangkan perangkat khusus untuk membaca e-book seperti Amazon Kindle memiliki layar yang terlalu kecil dan tidak berwarna. 

Sementara itu iPad dan komputer tablet lain yang dapat digunakan untuk membaca e-book, rentang harganya masih tinggi (USD499). Apple pun belum mengungkapkan program apapun untuk membuat pelajat  lebih mudah mendapatkan tablet.

Albert Greco, profesor pemasaran di Fordham University di New York  sekaligus mantan kepala SMA mengatakan, jika ingin mengganti buku cetak dengan iPad, sekolah akan perlu membeli iPad untuk pelajarnya. Tidak mungkin membiarkan siswa yang mampu membeli iPad untuk menggunakannya di kelas bersama siswa yang memiliki kesulitan ekonomi.

"Masalah kesenjangan digital bisa sangat memalukan. Karena jika Anda tidak memiliki iPad, Anda tidak dapat melakukan kuis, Anda tidak mendapatkan jawaban instan. Ini bisa mengundang gugatan," kata Greco.

"Saya akan terkejut jika ada kepala sekolah atau pengawas akan membiarkan sistem seperti ini dijalankan," tambahnya.
 

0 komentar:

Posting Komentar